Rabu, 27 Januari 2010

Kemanakah selama 2 tahun ini ? (pertama)

Kemarin adalah hari di mana aku melakkan soft launching kembali blog ini ke teman-temanku melalui YM. Lumayan sih tanggapannya, cuman kenapa belum ada yang nangkring kasih comment gitu. Hehehe... Salah satu respon teman (via YM tentunya) adalah menanyakan tentang kisah dari dua tahun yang hilang. Karena di blog tersebut terakhir posting di tahun 2008 (Februari), dan mulai posting lagi di Januari 2010.

Ada kisah yang ku torehkan dalam sejarah hidupku selama 2 tahun itu. Sejarah yang berkaitan dengan perjalanan hidupku. Kisah yang memiliki pengaruh pada kehidupanku selanjutnya. Kisah yang memberikan dampak dan membutuhkan usaha pada perjuangan berikutnya.

Kisah Pertama
Dimulai sejak terakhir kalinya aku menulis di blog ini sebelum tahun 2010. Postingan tentang May adalah sebuah cita-cita perjuangan pendek seorang mahasiswa untuk segera lulus. Ya tepat sejak postingan terakhir itu aku disibukkan oleh kegiatan untuk segera menyelesaikan skripsi. Bolak-balik kampus, ke perpustakaan, ke dosen pembimbing dan segala tetek bengeknya mahasiswa yang sedang skripsi. Selain itu aku juga tetap mengambil beberapa mata kuliah, dan satu atau dua di antaranya adalah untuk memperbaiki nilai yang tadinya E dan atau D menjadi A atau B. Hehehe... 

Selang beberapa lama mengerjakan skripsi yang tidak juga ada kemajuan, ternyata kusadari bahwa memang tidak bisa aku mendapatkan sesuai harapan pada postingan itu. Ya sudah karena itulah hari-hari ku kembali kusibukkan dengan skripsi, dan juga beberapa kegiatan di luar kampus yang memang juga cukup banyak.

Dalam mengerjakan skripsi itu, kadang ada perasaan malas, capek dan bahkan pada titik kritisnya aku pernah untuk mengganti judul skripsi. Namun perasaan itu akhirnya hilang setelah semakin sering ketemu dengan dosen pembimbing, yang akhirnya tepat pada 4 Juli 2008 aku melakukan ujian pendadaran.

Ujian pendadaranku pun tidak terlalu istimewa. Tidak ada teman yang kuundang untuk hadir di pendadaranku. Alhamdulillah ujian pendadaran berjalan lancar. Dan tepat pada pukul 12.30 aku dinyatakan lulus ujian pendadaran. Alhamdulillah. Namun perjuangan belum berakhir, karena setelah itu aku harus melakukan revisi pada draft skripsi yang diujikan. Batas revisi biasanya sekitar sebulan.

Syukurnya revisi skripsiku hanya membutuhkan waktu sepekan saja. Setelah itu aku disibukkan mengurus berkas -berkas untuk pendaftaran wisuda. Biasanya waktu wisuda di UGM adalah sebluan setelah masa yudisum. 

Pada Bulan Agustus, akhirnya aku resmi menyandang sebagai pengangguran. Tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2008, aku melepaskan predikat mahasiswa dan mengganti dengan predikat Pengangguran dari UGM. Sebuah predikat yang berat sebenarnya.

Namun, syukurnya lagi aku tidak perlu lama-lama mempunyai prdikat itu, karena tepat dua hari setelah aku wisuda, aku berkesempatan untuk pergi ke seberang pulau. Sebuah daerah yang sama sakali belum pernah kupijak. Bahkan belum pernah ku bermimpi tuk kesana.

Tunggu kelanjutannya di postingan berikutnya.

2 komentar:

  1. Kalo udah bicara skripsi, kayaknya hidup kita kesedot untuk ngerjain ini yah... Jadi bisa dimaklumi kalo menghilang hehehe

    BalasHapus
  2. @dhodie : hehehe, kadang juga skripsi cuman *alesan* juga sebelum status *resmi* itu tergantikan dengan status *Pengangguran*

    ohohohoho

    BalasHapus

silakan berkomentar :)