Selasa, 02 Februari 2010

Kemanakah selama 2 tahun ini ? (ketiga-terakhir)

Alhamdulillah, perjalanan Surabaya-Jogja berjalan lancar. Pukul 1 dini hari bus yang kutumpangi berhenti di daerah Ngawi (lupa nama daerahnya). Di sana penumpang dipersilahkan menukar kupon makan malam di sebuah restoran. Sebenarnya saat itu aku ingin makan soto yang kuahnya panas untuk menghangatkan badan yang kedinginan karena AC bus yang cukup dingin. Tapi aku baru ingat bahwa aku belum berbuka puasa dengan makanan berat. Selain itu aku juga berpikir itu juga kujadikan sebagai sahur hari terakhir puasa di Ramadhan kala itu. Akhirnya aku memesan nasi dengan lauk ayam bakar dan minuman teh hangat manis.

Setengah jam bus berhenti di restoran itu, sebelum naik bus aku sempatkan membeli beberapa cemilan dan sebatang coklat. Perjalanan menuju Jogjakarta dilanjutkan dengan sesekali makan cemilan yang telah kubeli sebelumnya. Saat itu aku berharap bisa sahur bersama di rumah dan bisa mengerjakan Shalat Subuh berjamaah di Masjid dekat rumah. Namun apa daya, waktu menunjukkan pukul 4, tetapi bus masih melaju di sekitar Janti. Padahal perjalanan dari terminal ke rumah bisa setengah jam lebih. Ahirnya bus sampai di terminal Giwangan tepat sesaat sebelum adzan subuh berkumandang, aku sempat menghabiskan sepotong coklat terakhir dan beberapa teguk air mineral sebagai syarat mengakhirkan sahur di hari terakhir puasa di bulan Ramadhan itu. Kecewa sih, tidak bisa sahur di rumah, dan tidak bisa berjamaah subuh di masjid dekat rumah. Beberapa saat kemudian terdengar adzan subuh dari masjid teminal. Langsung aku ambil wudhu dan berjamaah subuh di masjid  terminal.

Selepas subuh aku menghubungi orang rumah untuk menjemputku di terminal. Alhamdulilaah setelah menunggu sekitar 45 menit kakak datang menjemputku. Rada pangling dengan kondisi Jogja yang baru sebulan kutinggal sudah tampak beberapa perubahan.

Singkat cerita, dengan segala kesyukuran, aku telah sampai di Jogja dengan selamat, dan bisa berlebaran di rumah bersama keluarga dan keluarga besar tentunya. selain itu malah sempat berfoto bersama dengan keluarga besar, karena Alhamdulilaah pada saat itu keluarga besar dari ibu sedang ngumpul semua. Budhe, Pakdhe dan semua Bulik dan anak-anaknya berkumpul semua dan berfoto bersama.  Foto bersama yang spesial.

Aku di Jogjakarta hanya sebentar saja, hanya sekitar 4 hari saja, setelah itu aku kembali lagi ke Kalimantan untuk melanjutkan aktivitas semula sebagai 'kuli' tambang. Akhirnya berbekal selembar tiket Mandala seharga Rp. 1.300.000,- aku berangkat lagi ke Banjarmasin. Habislah gaji pertama untuk ongkos PP Banjarmasin-Jogjakarta (hehehe).Dan aktivitas kembali berlanjut sampi dua bulan kemudian saat aku kembali lagi ke Jogjakarta untuk cuti selama 12 hari. Selama dua bulan bekerja itu, aku sempat menikmati malam pergantian tahun di Kota Banjarmasin dengan melihat pesta kembang api yang (jujur) baru kali itu aku lihat dan aku ikuti sampai selesai.

***

Setelah dua bulan beraktivitas, akhirnya aku dapat jatah cuti selama dua pekan lamanya. Saat cuti itu aku juuga dapat titipan untuk membawa serta seorang temanku untuk juga bekerja di perusahaan yang sama denganku.

Sekembalinya aku ke Banjarmasin, dengan teman yang kubawa tentunya, ternyata ada perubahan yang cukup mendasar dalam manajemen perusahaan. Itu juga yang membuat temanku hanya mampu bertahan kurang dari sebulan karena tidak mendapatkan apa yang dijanjikan saat interview dulu. Akupun juga merasakan imbasnya, beberapa pekan kemudian aku mengajukan pengunduran diri dari perusahaan tambang itu. Aku ingat saat itu aku resmi resign hari Rabu, dan pada rabu malam aku sudah berangkat ke Kota Banjarmasin, dan bermalam di rumah seorang saudara di daerah Banjarbaru. Hari kamis aku kembali lagi ke kota asalku, ke Jogjakarta.

Niat awal, begitu aku sampai Jogjakarta, aku langsung berangkat ke Jakarta, untuk interview di sebuah perusahaan di Jakarta, namun karena pertimbangan kondisi badan yang lelah, akhirnya kuputuskan untuk berangkat ke Jakarta pada pagi harinya menggunakan pesawat first flight. Alhamdulillah aku tidak terlambat interview. Hasil interviewnya aku belum resmi diterima, tetapi harus menjalani On the Job Training (OJT), di mana aku diminta datang lagi ke kantor pada hari Senin berikutnya.

Sorenya aku langsung bertolak lagi ke Jogjakarta, karena sebekumnya memang tidak menyiapkan bekal dan baju ganti. sebelum pulang, setelah dari kantor itu, aku janjian dengan kakakku yang sudah terlebih dahulu datang ke Jakarta untuk mengurus visanya ke Jepang. Aku janjian ketemu dengan kakak di kantor bulik yang ada di Jl. Simatupang. Kenapa di kantor bulik ? Soalnya sulit pada saat yang sama ada titipan buat seragam buat bulik. Seragam itu nantinya akan dipakai saat pernikahan kakakku di akhir Januari 2009.

Menjelang maghrib, aku dan kakak bertolak menuju stasiun Gambir menggunakan angkot menuju stasiun Pasar Minggu dan melanjutkan ke Stasiun Gondangdia menggunakan KRL Ekonomi, Alhamdulillah dapat tempat duduk. Selepas dari Gondangdia disambung dengan Bajaj ke Gambir. Sesampai di Gambir dengan antrian yang tidak terlalu panjang, aku dan kakak mendapatkan tiket KA Taksaka menuju Jogjakarta. Kemudian aku dan kakak menuju mushola stasiun untuk mengerjakan shalat maghrib dan isya dengan jamak qashar.

Pukul 21.00 KA Taksaka bertolak menuju Jogjakarta. Dan akhirnya aku dan kakak tiba di Jogja dengan lancar pada pukul 05.30 WIB.

***

Karena sebelumnya aku diminta datang lagi ke kantor tempat interview sebelumnya, maka Ahad malam aku sudah berangkat ke Jakarta menggunakan kereta. Sampai kawasan Sunter (lokasi kantor) disambut dengan banjir akibat hujan semalaman mengguyur Jakarta. Sampai di kantor, aku diberi tahu bahwa aku harus menjalani OJT dulu

OJT yang harus kujalani adalah dengan memberikan training Total station di Puspiptek Serpong. Kantor yang kelak menjadi tempat bekerjaku sekarang adalah sebuah perusahaan Sole agent dari instrument survey mrk Leica. Alhamdulillah OJT kujalani dengan lancar, dan akhirnya pada tanggal 2 Februari 2009 aku resmi diterima bekerja di PT Almega Geosystems.

Dan hari ini adalah tepat setahun aku bekerja di PT Almega Geosystems. Banyak cerita selama setahun aku di kantorku sekarang, salah satunya ada di sini. Cerita lainnya kelak akan kutuliskan pula di sini.