Selasa, 20 November 2007

Kuliah Jarak Jauh

Temans...

Kali ini saya akan sampaiakn sebuah kemajuan teknologi yang mungkin baru pertama kali dilakukan dalam dunia perkuliahan, khususnya di jurusan ku, yaitu di Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika.

Dalam kuliah tersebut dilakukan semacam dialog telepon jarak jauh menggunakan perangkat notebook dan koneksi internet. Kuliah ini diampu oleh seorang dosen muda di Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika FT UGM, yaitu I Made Andi Arsana, di mana beliau saat ini sedang mengikuti fellowship research di PBB, khususnya pada bidang kelautan (batas maritim). Mata kuliah yang diajarkan adalah tentang Penentuan dan Penegasan Batas Wilayah. Proses kuliah jarak jauh tersebut menggunakan seperangkat notebook, lengkap dengan microphone dan speaker serta dengan koneksi internet, menggunakan program gtalk dan atau yahoo messanger.



Sejarah diadakannya kuliah jarak jauh tersebut dimulai ketika Pak Andi mengikuti penelitian tentang hukum laut di PBB. Pak Andi merupakan dosen muda yang sering merambahi dunia maya, khususnya dalam pengembangan proses pendidikan. Mata kuliah yang beliau ajar salah satunya adalah Penentuan dan Penegasan Batas Wilayah (PPBW). Mata kuliah tersebut baru ada pada tahun 2006, dan pada tahun ini beliau tidak mengajar karena beliau mengikuti fellowship.

Selama ini, Pak Andi identik dengan mata kuliah PPBW. Oleh karena itu, supaya tidak hilang sentuhan Pak Andi dalam PPBW maka diadakanlah kuliah jarak jauh Jogjakarta-New York .

Pada proses kuliah tidak ada kendala yang berarti, kendala terbesar adalah lemahnya bandwidth koneksi internet yang sering membuat komunikasi terpiutus-putus. Namun secara umum kuliah berjalan dengan normal.

(ditulis oleh seorang kapiten... eh salah, seorang asisten MK PPBW)

1 komentar:

  1. Thanks ulasannya Iqbal. Thanks juga bantuannya selama proses kuliah. Nant kita coba lagi dg persiapan yg lebih baik.

    BalasHapus

silakan berkomentar :)